16 Program Asyik di Rumah Bersama Anak Selama Libur Corona

Berbagi informasi
16 Kegiatan Asyik Bersama Anak di Rumah

Beberapa kepala daerah di Indonesia sudah membuat surat edaran resmi untuk meliburkan anak-anak sekolah selama 14 hari.  Libur dimulai sejak tanggal 16 sampai 29 Maret 2020 untuk mencegah penyebaran virus corona Covid-19. Kenapa 14 hari? Karena masa inkubasi virus corona adalah 14 hari.

Selain itu selama di rumah orangtua sangat ditekankan untuk mengontrol kondisi sanitasi benda-benda rumah yang sering disentuh. Baca: 8 Benda Rumah Yang Harus Dicuci & Disanitasi Sesegera Mungkin Untuk Mencegah Virus Corona

Bagi beberapa orang tua, hal ini pasti membingungkan karena masa libur terbilang lama. Sudah tentu anak-anak akan tinggal di rumah sepanjang hari. Jika ingin piknik atau pergi ke mall atau ke tempat terbuka lainnya sangat tidak dianjurkan. Karena libur dimaksudkan untuk memutus mata rantai kontak dengan orang banyak yang tidak diketahui riwayat perjalanan sebelumnya.

Jangan khawatir, ayah bunda masih tetap bisa mengisi hari-hari selama anak di rumah dengan kegiatan bermanfaat. Supaya tidak bosan di rumah, berikut 16 ide kegiatan yang bisa dilakukan anak selama libur dalam situasi epidemi virus corona.

1. Murajaah dan Menambah Hafalan Al-Qur’an

Murajaah hafalan atau Menambah hafalan baru adalah satu pilihan untuk anak saat masa liburan. Anak bisa memurajaah beberapa surat atau bagian-bagian juz perhari sambil didampingi orangtua. Kemas aktifitas murajaah dengan bermain tebak-tebakan ayat, mencari ayat yang mirip, saling mengoper ayat, dsb.

Anak yang sekolah di Madrasah tahfizh juga bisa diajak menambah hafalan dengan menargetkan hingga 14 hari kedepan. Ketika jauh dari pembimbing hafalan anak tetap bisa menghafal sendiri. Pelajari cara menghafal Quran sambil mendengar.

2. Belajar sesuai jam dan mata pelajaran

Meskipun libur, anak-anak tetap semangat jika belajar sambil didampingi orangtua. Untuk sementara, ambil lah peran guru dalam mengajarkan materi yang ada di buku pelajaran anak. Jika ada kesulitan, orangtua bisa menanyakan hal-hal tersebut kepada guru kelas anak. Buat sesi pelajaran menjadi menyenangkan agar anak tidak bosan.

3. Baca Buku bersama anak

Membaca bisa dijadikan pilihan untuk anak mengisi waktu saat liburan. Kesempatan ini sangat tepat bagi orangtua punya novel anak berjilid-jilid, atau buku di rak yang belum sempat dilepas plastik segelnya, hehe. Berilah buku bacaan sesuai dengan usia sang buah hati, karena bisa menambah wawasan dan mengedukasi anak sejak dini. Sesi ini akan semakin baik jika orangtua ikut membaca bersama, karena akan menstimulus anak untuk tambah semangat dalam membiasakan membaca buku. Orangtua juga bisa mengajarkan bagaimana cara membaca buku efektif dan efisien.

4. Masak di dapur coba-coba resep dari YouTube

Para bunda bisa memanfaatkan waktu mengajak anak-anak khususnya perempuan untuk belajar memasak di dapur. Dari resep sederhana. Tak perlu sulit, cukup masakan sederhana seperti membuat cupcake atau olahan sayur. Banyak channel di youtube yang membuat video tutorial masak atau membuat kue sederhana. Anak pasti akan menikmati waktu mereka.

5. Bertani di dalam pot di rumah

Salah satu kegiatan yang dapat mengisi waktu anak adalah bercocok tanam. Orangtua dapat memberikan pelajaran bagaimana biji dengan perawatan baik akan tumbuh dengan baik. Biarkan mereka melihat sendiri proses pertumbuhan tanaman yang mereka tanam bersama orangtua. Aktifitas ini berguna untuk membuat mereka peduli terhadap lingkungan.

6. Membuat Prakarya

Kegiatan lain yang bisa dilakukan anak saat mengisi waktu liburan yaitu membuat prakarya. Tak perlu sulit, cukup yang sederhana seperti membuat tempat pensil dari stik es krim. Namun, tetap memperhatikan bahan-bahan yang digunakan.

7. Membersihkan Rumah

Ajak anak membersihkan bagian-bagian rumah agar anak memahami tanggung jawab mereka untuk menjaga seluruh bagian tempat tinggal mereka. Ajak mereka merapikan kamar, menyapu dan mengepel lantai, merapikan rak buku, mengelap kaca dsb.

8. Belajar di aplikasi Ruangguru

Aplikasi belajar online Ruangguru mengumumkan telah membuka Sekolah Online Ruangguru Gratis melalui aplikasi Ruangguru. Hal ini merupakan bentuk respons atas diliburkannya sekolah di beberapa wilayah di Indonesia karena darurat kesehatan virus corona COVID-19. Kesempatan emas bagi orangtua untuk mengajak anak-anak belajar hal baru, karena di hari-hari biasa layanan di ruangguru semuanya berbayar.

9. Bermain bersama anak

Liburan juga bisa diisi dengan bermain bersama anak-anak di dalam rumah atau halaman. Main scrable, halma, karambol atau ular tangga.

10. Olahraga bersama

Olahraga bersama anak bisa dilakukan di manapun asalkan memiliki ruang yang cukup untuk melakukan pergerakan. Walaupun gerakan yang dilakukan terbilang sederhana, namun terdapat begitu banyak manfaat bila anak dibiasakan olahraga. Mereka bisa diajak berlari, melempar, melompat, dsb. Selain menyehatkan, aktivitas ini mampu membuat buah hati lebih sehat serta terhindar dari bahaya virus corona.

11. Menulis Jurnal atau Karangan

Menulis jurnal atau karangan adalah salah satu cara untuk melatih imajinasi dan kreativitas anak. Anak yang diberikan dorongan menulis sejak kecil cenderung unggul dalam menguasai bahasa verbal. Ide awal untuk menulis bisa apa saja, mungkin pendapat anak tentang Corona, atau kegiatan selama liburan, dsb.

12. Menghafal kosakata bahasa Asing

Kemampuan berbahasa asing adalah skill penting bagi anak. Orangtua bisa mengajak anak menghafal kosakata baru bahasa asing dengan berbagai media, baik tulisan, atau audio visual melalui video youtube. Anak bisa belajar bahasa Arab, inggris, jepang, sambil menirukan cara pengucapan dan ejaan yang benar.

13. Nonton Serial Edukatif

Beri anak waktu untuk belajar sendiri dengan apa yang mereka lihat. Orangtua bisa memutarkan anak-anak serial edukatif yang ada di Channel tv Natgeo, Animal planet, layanan streaming Netflix, atau di saluran youtube. Misalnya menonton dokumenter binatang, percobaan sains, dsb. Orangtua harus sangat bijak memilih tontonan untuk anak, karena hari ini kita dikelilingi oleh tayangan yang tidak mendidik.

14. Belajar mencuci kaos kaki dan sepatu sendiri

Kesempatan libur ini juga bisa digunakan untuk melatih anak mandiri. Ajaklah anak mencuci sepatu dan kaos kaki mereka dan ajarkan cara mencuci yang benar.

15. Percobaan Sains

Setiap anak pasti suka membuat atau menciptakan sesuatu yang baru dilihatnya. Tidak sedikit percobaan sains yang memerlukan bahan kimia apapun, seoerti membuat roket dari botol bekas dan minuman bersoda atau yang lainnya. Hal yang mampu membuat kreativitas anak menjadi meningkat

16. Sharing dan cerita dengan anak

Kesempatan ngobrol bersama anak itu sangat langka. Orangtua yang terlalu sibuk kadang tidak punya waktu untuk mengajak anak bicara dari hati ke hati. Jika barangkali selama ini komunikasi yang terjalin hanya bersifat instruksi atau perintah pada anak, cobalah ajak anak sharing tentang hal-hal yang mereka hadapi dalam kehidupan pribadi mereka. Hal ini akan menguatkan hubungan emosiaonal anak dengan orangtua.

Sumber: www.themuslimgen.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *