Al Husnayain

Profil Yayasan

Sekilas Yayasan Husnayain

Yayasan Husnayain adalah salah satu dari sekian banyak lembaga swadaya masyarakat yang hadir di tengah keinginan dan komitmen untuk memandu ummat manusia menuju keselamatan dan kesejahteraan hidup, di dunia maupun akhirat.

Keprihatinan yang mendalam dan rasa tanggung jawab terhadap kondisi pendidikan, kemiskinan, kesehatan dan berbagai penderitaan hidup yang dialami umat Islam Indonesia, telah mendorong para pendiri Yayasan Husnayain untuk ikut berperan aktif dalam upaya pengentasan kebodohan dan kemiskinan melalui kepedulian atau paling tidak ikut berbagi rasa dengan sesama muslim agar di tengah berbagai kesusahan itu mereka tidak merasa diabaikan oleh saudaranya yang lain.

Yayasan Husnayain didirikan pada tanggal 12 Februari 1990 M dengan Akte Notaris Misahardi Wilamarta No. 190/1990. Pendirian dipelopori oleh Ust. H. Bali Pranowo, MBA, bersama empat teman seperjuangan, yakni Ir. Puji Purjono, H. Suherman, Sanusi dan Iskandar, BA. Pada tahun itu pula mereka mulai merintis pembangunan gedung sekolah di lahan fasos/fasum di ujung Jl. Rambutan Raya Komplek Perumahan Harapan Baru, Bekasi Barat. Diawali dengan pembukaan Taman Kanak-Kanak Islam pada tahun 1991.

Selanjutnya arus kebangkitan Islam pada dekade 1990-an disikapi oleh pengelola Husnayain dengan membuka Pusat Kajian Ilmu dan Peradaban Islam melalui penyelenggaraan Ma’had pada tahun 1993. Pendidikan bukan saja kegiatan-kegiatan rutinitas yang harus dialami oleh anak didik, namun lebih dari itu pendidikan merupakan hal yang strategis dalam proses pembentukan dan pengembangan generasi muslim yang berkualitas. Lalu pada tahun 1997 Husnayain mendirikan Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT).

Sekolah terpadu merupakan terobosan baru dalam dunia pendidikan, karena mengintegrasikan antara pendidikan umum dan agama, kauniyah dan diniyah, iptek dan imtaq, dengan model belajar full day school. Dalam Pengembangan selanjutnya Yayasan Husnayain menyadari bahwa masih sangat banyak yang harus diperbuat guna membangun dan mengembangkan sumber daya insani. Makanya, keberadaa TK, SDIT dan Ma’had dirasa belum cukup untuk memenuhi tuntutan kebutuhan masyarakat. Di satu sisi Husnayain juga menyadari bahwa tantangan dan kendala dalam membangun masyarakat cukup banyak.

Oleh karena itu secara pelan namun pasti Yayasan Husnayain terus berusaha melebarkan sayap garapannya. Setelah membuka TPA & MDA pada tahun 1998, kemudian pada tahun 2005 didirikan pula Sekolah Menengah Pertama Islam terpadu (SMPIT). Langkah ini diambil guna merespon kebutuhan masyarakat akan pentingnya sekolah terpadu berkelanjutan. Oleh karenanya tiada kata untuk berhenti dalam berkarya dan berprestasi guna membangun kembali kejayaan ummat. Hal ini disadari sepenuhnya oleh pengelola Husnayain, karena kami tidak ingin hanya bersandar pada sejarah atas apa-apa yang telah kami perbuat di awal. 

Seiring perkembangan zaman dan pertumbuhannya, maka peningkatan profesionalisme (Kecakapan, keahlian dan kepemimpinan) serta dedikasi (Loyalitas dan rela berkorban) merupakan kebutuhan yang tak bisa ditawar-tawar lagi. 

TUJUAN 

  1. Mengembangkan kesadaran hidup Islami yang berwawasan luas dalam usaha membentuk masyarakat yang bertawakal kepada Allah SWT.
  2. Meningkatkan kualitas iman, kualitas hidup, kualitas kerja, kulaitas karya dan kualitas fikir ummat Islam Indonesia, terutama generasi mudanya.
  3. Turun aktif dalam menunjang program pengembangan sumber daya manusia dalam arti yang seluas-luasnya, khususnya dalam upaya pemerataan pendidikan dan peningkatan kesejahteraan sosial.
  4. Mengembangkan pemikiran dan usaha nyata yang bermanfaat bagi pemecahan persoalan-persoalan umat Islam khususnya dan umat manusia umumnya.

VISI

Menjadi institusi terdepan dalam upaya peningkatan kualitas sumber daya insani dan pemberdayaan masyarakat.

MISI

  1. Melakukan peningkatan dan pengembangan potensi sumber daya insani secara terpadu dan berkesinambungan
  2. Menyusun dan melaksanakan program-program pemberdayaan ekonomi dan sosial masyarakat secara integral dan komprehensif.
  3. Menjalin kemitraan dengan pemerintah, swasta, lembaga swadaya masyarakat dan lembaga social lainnya, baik dalam negeri maupun luar negeri.  

KOMITMEN NILAI 

H : Hamasah, Pengelola Husnayain senantiasa berusaha melaksanakan tugas dan kewajibannya dengan Hamasah (Semangat) juang yang tinggi.

U : Ukhuwwah, Apapun yang dilakukan di Husnayain, selalu dijiwai dengan semangat Ukhuwwah Islamiyyah (Persaudaraan).

S : Saja’ah, Pengelola Husnayain harus mempunyai sikap Saja’ah (Keberanian) dalam memperjuangkan ummat.

N : Niat, Semua kegiatan dan aktifitas harus di-Niat-kan hanya mencari kerido’an Allah SWT.

A : Amal, Senantiasa melakukan Amal sholeh, amar ma’ruf nahi munkar, serta memberikan prestasi terbaik untuk ummat.

Y : Yakin, Dengan penuh ke-Yakin-an bahwa semua usaha yang dilakukan akan mencapai hasil sesuai yang dicita-citakan.

A : Amanah, Untuk itu, diperlukan sifat Amanah, karena dengan inilah kepercayaan ummat akan semakin kuat, sehingga bisa berpartisifasi secara bersama-sama.

I : Istiqomah, Bagi Husnayain, berprinsip perjuangan tak kenal henti, sehingga harus istiqomah, dalam jalan da’wah, jihad dan pengabdian.

N : Natijah, Untuk mencapai hasil (Natijah) yang optimal sesuai dengan apa yang dicita-citakan bersama, yaitu menuju keselamatan dan kesejahteraan lahir-bathin. 

USAHA-USAHA 

Untuk merealisasikan Visi, Misi dan Tujuan tersebut, Yayasan Husnayain berusaha : 

  1. Mendirikan dan membangun serta menyelenggarakan sekolah-sekolah, lembaga-lembaga pendidikan, ma’had, mulai dari Taman Kanak-Kanak sampai tingkat Perguruan Tinggi yang bernafaskan Islam maupun Umum.
  2. Menerbitkan buletin, majalah-majalah, buku-buku dengan misi da’wah Islam.
  3. Mendirikan dan menyelenggarakan Balai Pengobatan, rumah sakit, rumah bersalin, poliklinik, laboratorium dan apotik.
  4. Mengadakan kursus-kursus ketrampilan serta sekolah kejuruan lainnya.
  5. Membangun dan memelihara rumah-rumah ibadah, masjid dan asrama-asrama.
  6. Mengadakan pengajian-pengajian atau ceramah-ceramah keagamaan.
  7. Memberi bea siswa pelajar dan mahasiswa yang kurang mampu dan berprestasi.
  8. Memelihara dan menyantuni anak-anak yatim dan orang-orang terlantar.
  9. Mempererat tali silaturrahim antar masjid, mushola dan majelis ta’lim.
  10. Mengumpulkan dan mendayagunakan dana yang didapat dari hibah,wakaf, zakat dan aml jariah ummat Islam yang diberikan secara ikhlas.
  11. Memberikan pelayanan yng seluas-luasnya kepada masyarakat dan usaha-usaha lain yang sah dan tidak bertentangan dengan Undang-Undang.  

KEGIATAN

Untuk merealisasikan visi. misi dan tujuan tersebut. Yayasan Husnayain, telah melakukan kegiatan-kegiatan antara lain :

Penyelenggaraan Pendidikan 

  1. Taman Kanak-Kanak Islam (TK)
  2. Play Group/Kelompok Bermain (PG/KB)
  3. Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT)
  4. Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMPIT)
  5. Ma’had (jurusan Dirosah Islamiyah, Bahasa Arab, dan Tahsinul Qur’an)
  6. Taman Pendidikan Al-Qur’an dan Madrasah Diniyah Islamiyah (TPA/MDA)  

Lembaga Dakwah Husnayain

  1. Penyediaan Tenaga Khotib Jum’at
  2. Penyediaan Mubaligh
  3. Dauroh Khothaba
  4. Pelatihan Da’i

Koperasi Husnayain

  1. Toko Koperasi (Husna Mart)
  2. Pemberdayaan Ekonomi Ummat
  3. Penyediaan Kebutuhan Masyarakat

Pelayanan Masyarakat

  1. Mitra Manajemen Zakat (MMZ) - Konsultasi & Pengelolaan Zakat, Infaq & Shodaqoh.
  2. Pelayanan kesehatan murah
  3. Bhakti Sosial
  4. Pembagian Hewan Qurban
  5. Konsultasi Keluarga & Psikologi

Media dan Publikasi

  1. Penerbitan Buletin Al-Husnayin
  2. Media Komunikasi Internal
  3. Penerbitan Buku

Kalender

« September 2017 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
        1 2 3
4 5 6 7 8 9 10
11 12 13 14 15 16 17
18 19 20 21 22 23 24
25 26 27 28 29 30  

Pemotongan Hewan Qurban 1437 H

Kemeriahan Hari Pertama Sekolah

Upacara Bendera HUT RI ke-71

You are here: Home Yayasan